Ji Realm atau Kondisi Ekstrim Pada Serial Renegade Immortal

Kekuatan Ji Realm Wang Lin
Luapan Ji Realm dalam bentuk benang kesadaran ekstrim menyerupai petir merah menyelimuti tubuh Wang Lin

Wang Lin memiliki semacam kekuatan misterius yang dikenal dengan istilah Ji Realm atau Kondisi Ekstrim. Lalu apakah sebenarnya Ji Realm itu dan seberapa kuat kultivator yang memilikinya?

Pada artikel kali ini saya akan mencoba membahas tentang Ji Realm pada Serial Donghua Renegade Immortal ini secara detail.

Pengertian Ji Realm Pada Serial Renegade Immortal

Pada salah satu komentar fandom pernah saya baca, ada yang mengatakan bahwa Ji Realm adalah sebuah metode kultivasi, namun hal tersebut tidak tepat.

Ji Realm (极境, pinyin: Jí jìng) atau Kondisi Ekstrim merupakan suatu keadaan dimana seorang kultivator mengalami terobosan kemacetan kultivasi.

Hal ini membuat kekuatan dari praktisi tersebut meningkat beberapa kali lipat. Tidak hanya itu, kondisi ekstrem ini membuat kultivator menjadi tak terkalahkan di ranah kultivasi yang sama.

Ji Realm ini muncul pada beberapa kultivator masa lampau. Kekuatannya yang ekstrim membuat para kultivator ini dianggap sebagai malapetaka.

Ji Realm sendiri "bisa muncul" karena sebuah metode kultivasi. Jadi Ji Realm bukanlah sebuah metode kultivasi melainkan kondisi yang muncul karena beberapa faktor salah satunya adalah metode kultivasi.

Meskipun kekuatannya meningkat berkali-kali lipat, sayangnya kultivasi akan mengalami pembatasan yaitu hanya pada puncak Nascent Soul saja.

Ini tentu saja hal yang sangat merugikan, karena Nascent Soul merupakan ranah yang masih cukup rendah. Artinya para pemiliki Ji Realm tidak akan pernah menjadi immortal.

Ji Realm ini sendiri ditampilkan pada serial Renegade Immortal di episode 10. Wang Lin yang tertekan setelah melihat Teng Huayun membantai keluarga Wang akhirnya memasuki kondisi ekstrem ini.

Bagaimana Wang Lin Memasuki Ji Realm?

Ji Realm bisa muncul dengan melatih beberapa metode kultivasi, salah satunya adalah teknik Underworld Ascension seperti yang digunakan Wang Lin.

Teknik Underworld Ascension sendiri merupakan sebuah metode yang dikembangkan oleh Situ Nan. Situ Nan mengajarkan teknik ini kepada Wang Lin untuk meningkatkan kekuatannya.

Teknik ini menyerap energi Yin, lalu energi spiritual dingin ini akan membentuk kekuatan yang manakutkan. Kultivator yang memiliki teknik ini mampu unggul dengan expert di ranah yang sama.

Saat teknik Underworld Ascension digunakan, maka energi spiritual akan menjadi dingin dan menyebar. Area sekitar dari penggunanya akan berubah menjadi es beku.

Ji Realm Wang Lin
Wang Lin saat Ji Realm aktif, kekuatannya meningkat sampai ketitik ekstrim

Namun teknik ini tidak serta merta membuat Wang Lin langsung mengalami atau memasuki kondisi ekstrim/Ji Realm. Bahkan jika diskala, kesempatannya amat sangat kecilbahkan mungkin nol persen.

Yang sangat berpengaruh adalah Mutiara Penentang Surga. Kemampuannya menstimulus energi Yin membuat energi spiritual ini menjadi lebih pekat.

Faktor terakhir yang mengambil porsi kecil adalah rasa sakit dan emosional yang dialami Wang Lin. Ketiga faktor ini yang menyebabkan munculnya Ji Realm.

Jadi metode kultivasi dalam hal ini Underworld Ascension, mutiara penentang surga dan rasa sakit batiniah yang menjadi alasan terbentuknya Ji Realm Wang Lin.

Bisa dibilang mutiara penentang surga yang menjadi faktor utama. Jika hanya mengandalkan metode kultivasi saja maka akan banyak kultivator yang mampu memasuki kondisi ekstrim, salah satunya adalah Situ Nan.

Kesadaran Ekstrim atau Ji Shi

Kesadaran Ekstrim (极识, pinyin: Jí shí) merupakan evolusi dari kesadaran ilahi milik Wang Lin. Saat berada di medan perang asing, jiwa Wang Lin yang menjadi Soul Eater memakan banyak jiwa gentayangan.

Kesadaran ilahinyapun menjadi lebih kuat. Saat Wang Lin mengambil alih tubuh Ma Liang, Ia tidak memiliki kekuatan atau energi spiritual sama sekali.

Artinya Wang Lin saat itu tidak memiliki Ji Realm lagi. Pasalnya kondisi ekstrim ini hanya terjadi karena perubahan energi spiritual pada tubuh.

Namun saat mencoba menerobos keluar dari medan perang asing, tekanan hukum dunia yang terus menghujani tubuh baru Wang Lin malah mengkatalis Ji Realm pada kesadaran ilahinya.

Tekanan hukum pembatas membuat Ji Realm muncul dalam kesadaran ilahi wang lin
Tekanan hukum pembatas menyebabkan Ji Realm muncul pada kesadaran ilahi Wang Lin

Kemunculan Ji Realm pada kesadaran ilahi Wang Lin adalah hal yang misterius. Bagaimana bisa Ji Realm muncul pada kesadaran ilahi? tentu hal ini tidak terlepas dari peran mutiara penentang surga.

Benang hitam dari hukum dunia yang mengkatalis Ji Realm akhirnya membentuk Ji Ream secara sempurna pada kesadaran ilahi Wang Lin.

Pada episode 14, terlihat benang kesadaran ilahi ekstrim atau Ji Shi yang terlihat seperti petir merah. Benang Ji Shi inilah yang kemudian menjadi senjata pamungkas Wang Lin.

Batasan Ji Realm

Meski membuat pengguna Ji Realm menjadi tidak terkalahkan di ranah yang sama, namaun kondisi ini malah menjadi bootleneck baru dalam peningkatan ranah.

Pemilik Ji Realm hanya mampu mencapai ranah Nascent Soul puncak saja dan mustahil bisa menembus ke ranah selanjutnya yaitu Soul Formation.

Selain itu, pemilik Ji Realm ini juga akan mengalami kesulitan dalam mencapai ranah Nascent Soul. Jadi tidak hanya terbatas pada Nascent Soul saja, bahkan naik dari Core Formation ke Nascent Soul juga akan sulit.

Sulitnya Core Formation naik ke Nascent soul karena Ji Realm menghalangi transisi inti emas pada kultivator Core Formation untuk berubah warna dan pencah menghasilkan Jiwa Nascent.

Jadi meskipun memberikan kekuatan tak terkalahkan, Ji Ream juga memberikan kerugian yang sangat besar bagi pemiliknya.

Komparasi kekuatan

Meski tidak terkalahkan di ranah yang sama, namun Ji Realm tidak bekerja pada kultivator satu tingkat lebih tinggi. Berikut tabel komparasi Ranah Wang Lin dengan Ji Realm saat menghadapi kultivator lain pada berbagai ranah.

Ranah Dengan Ji Realm Ranah Lain Hasil
Foundation Establishment Foundation Establishment ke bawah Tidak Terkalahkan (Mutlak)
Core Formation Core Formation ke bawah Tidak Terkalahkan (Mutlak)
Nascent Soul Tahap Awal & Menengah Nascent Soul ke bawah Tidak Terkalahkan (Mutlak)
Soul Formation Tahap Awal Tidak ada peluang menang
Soul Formation Tahap Menengah Tidak ada peluang menang
Soul Formation Tahap Akhir Tidak ada peluang menang
Nascent Soul Tahap Akhir Soul Formation Tahap Awal Ada Peluang Menang (Jika menggunakan artefak)
Soul Formation Tahap Menengah Tidak ada peluang menang
Soul Formation Tahap Akhir Tidak ada peluang menang

Pada artikel selanjutnya saya akan membahas apa itu Death Spell (mantra kematian) serta perbedaannya dengan Ji Realm dan bagaimana Wang Lin bisa terlepas dari kurungan Ji Realm dan naik ke ranah Soul Formation.

Jangan lupa baca artikel lain seputar donghua hanya di www.goinsan.com~

edit
Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan