10 Negara dengan Koneksi Internet Tercepat di 2024

Internet Speed

Di tahun 2024 ini, beberapa negara dengan kecepatan internet terbaik di dunia tersebar di seluruh benua, terutama Asia, Eropa dan Amerika. Kecepatan internet yang luar biasa ini ternyata didukung oleh banyak faktor, termasuk infrastruktur dan lingkungan berbasis teknologi yang sangat modern. Selain itu, kompetisi antar penyedia layanan internet di negara-negara ini juga dinilai sangat sehat dan kompetitif yang menawarkan layanan internet terbaik untuk para warganya.

Berikut ini 10 negara dengan kecepatan internet terbaik pada tahun 2024

1. Singapura

Kecepatan internet rata-rata di negara Asia Tenggara ini adalah 286,66 Mbps. Pencapaian ini diraih dikarenakan status negara Singapura yang unik sebagai sebuah negara kota. Dengan demikian, hal ini tentu memudahkan dan menyederhanakan logistik pengelolaan infrastruktur telekomunikasi.

2. Chili

Dua tahun lalu, Chili pernah menjadi negara terbaik dalam hal kecepatan internet di dunia. Namun di tahun ini, peringkatnya turun ke nomor 2 dengan kecepatan rata-rata internet sebesar 272,01 Mbps, jauh di atas negara-negara di benua Amerika Latin lainnya. Ini terutama didorong oleh adanya kompetisi ketat antar penyedia layanan internet di Chili yang berjumlah cukup banyak, sekitar 6 provider.

3. Hong Kong

Kecepatan rata-rata internet di negara ini sangat mencengangkan, sebesar 270,72 Mbps. Prestasi ini didukung oleh Hong Kong Internet eXchange yang merupakan titik pertukaran internet terbesar di Asia, yang juga menawarkan routing data lokal yang efisien yang akan meminimalisir latensi dan menambah kecepatan.

4. Uni Emirat Arab

Negara di Timur Tengah ini ternyata memiliki kecepatan rata-rata internet yang sangat baik yaitu 257,14 Mbps. Dengan hampir semua warganya yang mengakses internet, infrastruktur digital yang dibangun oleh negara Arab ini mendukung perekonomian yang bergairah dan konektivitas masyarakat yang dinamis. Kota Dubai sendiri merupakan pusat digital dunia, yang bersaing dengan beberapa kota besar lainnya seperti London dan New York.

5. Rumania

Siapa sangka, negara yang terletak di benua Eropa ini memiliki kecepatan internet yang sangat dibanggakan oleh warganya. Ya, kecepatan rata-rata internet di negara ini, khususnya di ibukota Bucharest adalah 251, 89 Mbps. Semua penyedia layanan internet di negara ini menawarkan internet serat optik yang menambah kecepatan internet di dalam negeri menjadi lebih baik.

6. Islandia

Menurut sebuah riset, Islandia ternyata memiliki kecepatan rata-rata internet yang sangat mengagumkan, sebesar 249.32 Mbps. Namun yang lebih mengagumkan lagi adalah adanya fakta bahwa sekitar 90% warga Islandia memiliki akses ke jaringan serat optik secara penuh. Ini berarti mereka dapat menikmati kecepatan sedikitnya 1 Gbps, dan banyak dari warganya bahkan bisa menikmati kecepatan internet hingga 10 Gbps.

7. Amerika Serikat

Negeri Paman Sam ini telah memperkuat infrastruktur internet sejak lama, dengan kecepatan internet terbaiknya yang menyentuh 242,38 Mbps pada bulan Februari 2024. Pencapaian ini menempatkan Amerika Serikat pada peringkat ketujuh dunia, setelah Islandia. Dengan menyediakan internet serat optik 10Gbps, sejumlah ISP lokal seperti Race Communications siap melayani kebutuhan warga AS akan internet cepat.

8. Monaco

Negara kecil Monaco siap bersaing dengan negara besar lainnya dalam hal kecepatan rata-rata internet di negaranya. Menurut laporan, warga Monaco dapat menikmati kecepatan rata-rata internet 238,07 Mbps. Dedikasi untuk selalu memelihara dan meng-upgrade infrastruktur digitalnya telah menjadikan negara yang berada di benua Eropa ini sebuah model akan efisiensi internet dengan kecepatan yang mendukung berbagai aktivitas online.

9. Thailand

Bidang layanan internet di Thailand telah mengalami perbaikan yang cukup signifikan, khususnya di wilayah perkotaan. Dengan kecepatan rata-rata internet sebesar 226, 36 Mbps dan didukung ekosistem digital yang berkembang pesat, kota-kota besar di Thailand seperti Chiang Mai dan Bangkok menjadi sangat ideal untuk menerapkan bekerja jarak jauh.

10. Denmark

Di Denmark, kecepatan rata-rata internet mencapai 225,81 Mbps. Pendekatan negara ini dalam hal infrastruktur cukup unik sebab adanya monopoli layanan internet yang dilakukan oleh TDC, perusahan milik negara. Meskipun begitu, masyarakat Denmark menikmati harga internet yang terjangkau dengan tingkat kecepatan internet yang sedikit berada di atas negara Eropa lainnya.

Beberapa Saran Yang Perlu Diperhatikan Jika Internet Anda Lambat

Berikut ini beberapa saran dari kami saat Anda mengalami kelambatan pada koneksi internet Anda: Lakukan mulai ulang (restart) router Anda.

  • Gunakan router yang kompatibel jika Anda berlangganan pada kecepatan internet yang lebih cepat. Sebagai contoh, jika Anda berlangganan pada koneksi 300mbps namun router Anda hanya mendukung kecepatan hingga 100mbps, maka ini tidak akan bisa mengantarkan kecepatan sebesar itu. Untuk itu, silakan gunakan router Wi-Fi 6E seperti HUAWEI WiFi AX3 atau modem ZTE.
  • Kurangi perangkat elektronik yang terhubung dengan internet di rumah Anda. Untuk memutuskan sambungan perangkat, buka pengaturan router di http://192.168.100.1 dari browser Anda.
  • Cek malware untuk memastikan perangkat atau router Anda tidak terinfeksi malware dan virus.
  • Hapus cache secara berkala guna membantu Anda mempercepat pengalaman Anda saat melakukan browsing.
edit
Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan