Mengenal Asuransi Mobil All Risk

Asuransi mobil

Salah satu asuransi yang banyak digunakan selain asuransi kesehatan dan pendidikan adalah asuransi mobil. Bukan tanpa alasan kenapa asuransi yang satu ini cukup diminati oleh masyarakat terutama bagi pemilik kendaraan mobil sebab jumlah pengguna mobil setiap tahunnya terus bertambah sehingga berimbas dengan meningkatkan persentase angka kecelakaan di jalan.

Berhubung biaya perbaikan mobil tidaklah murah maka memiliki asuransi kendaraan bermotor menjadi solusi efektif sebagai upaya perlindungan finansial Anda. Untuk asuransi kendaraan mobil ini sendiri secara umum ada dua jenis yang biasa digunakan masyarakat yaitu all risk dan total loss only (TLO).

Pengertian Asuransi All Risk

Bagi yang belum tahu, asuransi mobil all risk ini merupakan salah satu jenis asuransi kendaraan yang memberikan perlindungan secara menyeluruh. Jadi, asuransi ini akan menanggung seluruh biaya perbaikan mobil baik itu yang mengalami kerusakan berat sampai kerusakan ringan sekalipun.

Berbeda dengan asuransi TLO yang hanya memberikan ganti rugi apabila kerusakan mobil di atas 75% atau mobil tersebut hilang karena dicuri. Apabila dilihat dari cakupan perlindungannya memang asuransi all risk memiliki cakupan perlindungan yang lebih luas dibandingkan TLO.

Alasan Memiliki Asuransi All Risk

kecelakaan mobil

Berikut akan dijelaskan apa saja alasan mengapa Anda memilih asuransi mobil komprehensif atau all risk dibandingkan asuransi TLO.

Perlindungan yang Lebih Lengkap

Alasan utama memilih asuransi kendaraan all risk tentu saja karena memberikan cakupan perlindungan yang lebih lengkap, mula dari kerusakan yang ringan sampai berat. Di samping itu asuransi all risk juga menanggung kehilangan kendaraan karena pencurian.

Menanggung Risiko Pihak Ketiga

Kelebihan selanjutnya dari asuransi all risk ini yaitu menanggung risiko pihak ketiga (third-party liability). Dengan begitu, seandainya Anda mengalami kecelakaan dan melibatkan orang lain atau pihak ketiga maka biaya perbaikan atau perawatan mereka akan ditanggung oleh asuransi.

Sedangkan pada asuransi TLO biasanya tidak menanggung pihak ketiga. Itu artinya, Anda sendiri yang harus menanggung biaya kerusakan kendaraan pihak ketiga yang terlibat kecelakaan dengan Anda. Jadi, Anda akan keluar biaya lebih banyak karena mesti membiayai perbaikan kendaraan Anda ditambah kendaraan orang lain.

Memberikan Perlindungan Tambahan untuk Kecelakaan Diri

Tidak hanya melindungi kendaraan Anda saja, asuransi mobil komprehensif juga memberikan perlindungan tambahan terhadap pengemudi. Sehingga, ketika Anda mengalami kecelakaan dan membutuhkan perawatan medis maka biaya pengobatannya kan ditanggung asuransi.

Perbaikan Mobil di Bengkel Rekanan

Salah satu keuntungan menggunakan asuransi all risk ini adalah Anda mendapatkan layanan perbaikan di bengkel rekanan perusahaan asuransi yang Anda gunakan. Dengan begitu, Anda bisa memastikan kendaraan Anda akan mendapatkan perbaikan secara maksimal karena ditangani oleh tenaga-tenaga ahli dan bukan di sembarang bengkel.

Mendapatkan Fasilitas atau Layanan Tambahan

Alasan berikutnya memiliki asuransi kendaraan all risk ini yaitu adanya fasilitas atau layanan tambahan. Contohnya layanan gratis derek mobil, penggantian mobil sementara selama mobil dalam perbaikan hingga layanan bantuan darurat ketika mengalami kondisi darurat saat berkendara seperti mobil mogok di tengah jalan.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik memilih asuransi all risk ini setelah mengetahui apa saja keuntungan yang bisa didapatkan? Namun dalam memilih asuransi mobil sebaiknya disesuaikan juga dengan budget yang dimiliki serta pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan.

Untuk lamanya proses pencairan klaim asuransi mobil biasanya memakan waktu 7-14 hari dan tergantung dari perusahaan asuransi yang digunakan. Untuk klaim asuransi termasuk asuransi mobil memang bisa saja ditolak oleh perusahaan asuransi. Penyebabnya bisa dikarenakan telah melebihi batas waktu klaim, ada proses pengajuan klaim yang belum lengkap atau tidak sesuai.

edit
Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan